March 3, 2017

Teknisi Teknik Kimia

115.201. 303.21. Teknisi Teknik Kimia

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta




Diskripsi: 
Teknisi teknik kimia melakukan tugas-tugas teknis untuk membantu dalam penelitian teknik kimia dan dalam desain, manufaktur, konstruksi, operasi, pemeliharaan, dan perbaikan pabrik kimia. 

Tugasnya meliputi:

  1. Membantu dalam penelitian dan pengembangan proses industri kimia, pabrik dan peralatan, atau pengujian prototipe; 
  2. Merancang dan mempersiapkan tata letak pabrik kimia sesuai spesifikasi yang diberikan;
  3. Menyiapkan perkiraan rinci jumlah dan biaya bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pembuatan dan pemasangan sesuai spesifikasi yang diberikan; 
  4. Memantau aspek teknis, konstruksi, instalasi, operasi, pemeliharaan, dan perbaikan pabrik kimia untuk memastikan kinerja yang memuaskan dan sesuai spesifikasi dan peraturan; 
  5. Melakukan uji laboratorium kimia dan fisik untuk membantu ilmuwan dan ahli dalam membuat analisis kualitatif dan kuantitatif dari padatan, cairan, dan bahan gas.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Realistik. Orang model ini dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, perencanaan standarisasi kerja, uji coba laboratorium kimia. Analisis zat dan kandungan kimia.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan menyususn standarisasi kerja yang berkaitan dengan bahan berbahaya kimia.
Kemampuan - kognitif: ilmu kimia. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: pengembangan dan analisis kesehatan lingkungan. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain..
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: didalam laboratorium, berpotensi terkontaminasi bahan kimia, dan berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.
Sekolah Lanjutan – Jika tertarik anda bisa melanjutkan sekolah pada SMK Kimia dan Seluruh SMA jurusan IPA.