March 3, 2017

Tekniksi Kelautan

101.201. 303.31. Tekniksi Kelautan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-6 juta

Diskripsi: 
Teknisi teknik kelautan melakukan pekerjaan teknis dibawah petunjuk ahli kelautan dalam merancang, mengembangkan, dan pemasangan mesin kapal dan peralatan terkait termasuk mesin penggerak dan sistem catu daya. Memeriksa peralatan kelautan dan mesin untuk menyusun spesifikasi pekerjaan; melakukan analisis, studi lingkungan, operasional, atau kinerja untuk mengembangkan desain produk, seperti mesin kelautan, peralatan, dan struktur; merancnag dan mengawasi, instalasi, dan perbaikan peralatan kelautan dan peralatan; menyiapkan rencana, perkiraan, desain dan jadwal konstruksi, dan kontrak spesifikasi; menyelidiki dan mengamati pengujian mesin dan peralatan untuk memenuhi standar; mengkoordinasi kegiatan dengan badan pengawas untuk memastikan perbaikan dan perubahan pada biaya minimum, konsisten dengan keselamatan; melakukan uji lingkungan, operasional, atau kinerja pada mesin dan peralatan kelautan; menyiapkan laporan teknis untuk digunakan oleh teknik, manajemen, atau tenaga penjualan; menjaga kontak dan merumuskan laporan untuk memastikan penyelesaian pekerjaan dengan biaya minimum.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 101. Pertanian dan Sumber daya Alam
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, keahlian tertentu. Mereka sering berurusan dengan laut dan konservasi laut. Pekerjaan dilakukan di luar dan tidak melibatkan banyak dokumen.
Nilai Pekerjaan –pengawas, dan mengontrol kekayaan hayati laut.
Keterampilan – Sains: Mengawasi mengontrol dan bertanggung jawab penelitian yang berkaitan dengan kelautan.
Kemampuan - kognitif: ilmu kelautan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima informasi penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: pengelolaan sumber daya kelautan dan hasil laut. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; Mengkoordinasikan Kerja dan Kegiatan Lainnya.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: berkaitan dengan laboratorium penelitian kelautan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – kepemimpinan, sumberdaya hayati laut dan konservasi laut.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Teknisi Kelautan, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah yang membuka jurusan teknik kelautan. Untuk melanjutkan sekolah sampai pendidikan tinggi, anda dapat mengambil jurusan teknik kelautan dan konservasi kelautan.