March 3, 2017

Teknik Pertambangan dan Geologi

101.201. 302.21. Teknik Pertambangan dan Geologi

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 7-10 juta

Diskripsi: 
Teknik Pertambangan dan Geologi memiliki tugas teknis membantu dalam penelitian dan percobaan yang berhubungan dengan metalurgi, dalam meningkatkan metode ekstraksi mineral padat, minyak dan gas, dan dalam, desain, konstruksi, operasi, pemeliharaan, dan perbaikan tambang dan instalasi tambang, sistem untuk pengangkutan dan penyimpanan minyak dan gas alam, dan untuk ekstraksi logam dari bijih. 

Tuganya meliputi:

  1. Membantu dalam penelitian dan proses pengembangan untuk menentukan sifat-sifat logam dan paduan baru; 
  2. Survei geologi dan topografi dalam ekstraksi dan transportasi minyak, gas alam dan bijih mineral, dan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral dan logam; 
  3. Menyiapkan perkiraan rinci jumlah dan biaya bahan dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk eksplorasi, ekstraksi, pengolahan dan proyek-proyek pengangkutan mineral, minyak dan gas alam; 
  4. Memantau aspek teknis, peraturan dan keamanan, dari konstruksi, instalasi, operasi pemeliharaan, dan perbaikan instalasi eksplorasi ekstraksi pengangkutan dan penyimpanan bijih mineral, minyak dan gas alam, dan pabrik pengolahan mineral; 
  5. Merencanakan dan mendesain tambang, lubang tambang, terowongan dan sarana prasarana pertolongan pertama bawah tanah; 
  6. Menyiapkan sampel batuan, mineral dan logam, melakukan uji laboratorium untuk menentukan sifat, menganalisis dan melaporkan hasil uji dan memelihara peralatan pengujian; 
  7. Membantu ilmuwan dalam kegiatan laboratorium untuk mendapatkan data yang menunjukkan potensi sumber bijih logam, gas, atau minyak bumi.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 101. Pertanian dan Sumber daya Alam
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, pengetahuan yang berkaitan. Mereka sering berurusan dengan alam, pekerjaan dilakukan di luar dan tidak melibatkan banyak dokumen namun bekerja sama dengan orang lain.
Nilai Pekerjaan –pengawas, merekrut pekerja, membuat standarisasi keamanan kerja, merencanakan dan melakukan penelitian.
Keterampilan – Sains: melakukan kegiatan ekplorasi alam, dan penelitian kandungan mineral dalam lapisan tanah.
Kemampuan - kognitif: keilmuan geologi. Psikomotor: tidak memerlukan krityeria khusus.  Fisik: memiliki daya tahan tubuh di alam terbuka.  Sensory: tidak memerlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima analisis lapangan, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: kegiatan eksplorasi alam. Interaksi dengan Orang Lain: menjalin komunikasi dengan pekerja lain dan melakukan koordinasi lapangan.
Kondisi Fisik Kerja –Outdoors: berhubungan dengan hutan belantara dan alam terbuka.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – kepemimpinan, topografi, dan geologi.

Sekolah Lanjutan - Apabila tertarik anda dapat melanjutkan studi pada jurusan IPA kemudian melanjutkannya pada perguruan tinggi dengan mengambil program studi teknik pertambangan.