March 7, 2017

Psikiater

108.202. 302.22. Psikiater
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta


Deskripsi : Psikiater melakukan pemeriksaan medis, menentukan diagnose, menerapkan tenik pengobatan untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit cacat rohani. Tugasnya meliputi: mengumpulkan data megenai keluarga pasien, sejarah medis baik jasmani maupun mental pasien, dan gejala-gejala dini yang diketahui dari pasien, keluarganya atau sumber lainnya; memeriksa pasien untuk menentukan keadaan jasmani secara umum sesuai dengan standar medis; memerintahkan pemeriksaan laboratorium dan diagnosa berupa tes khusus lainnya; melakukan penilaian data yang diperolehnya; menentukan jenis, sifat, dan keadaan cacat rohani; merumuskan program penyembuhan; memberikan petunjuk penyembuhan kepada pasien menggunakan terapi somatic, kelompok atau lingkungan dan berbagai jenis metode terapi psikologis dan medis.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan pemerikasaan medis, diagnosa dan penyembuhan mental.
Keterampilan – Medis: mengumpulkan dan mendiagnosa permasalahan terkait kesehatan mental pasien.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan psikologis. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap kebutuhan pasien.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis pasien, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: memberikan petunjuk penyembuhan pasien. Interaksi dengan Orang Lain: berinteraksi dengan pasien dan mengumpulkan informasi dari keluarga pasien.
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: dalam ruang kerja, berinteraksi dengan pasien yang mengalami gangguan mental.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Seluruh SMA jurusan IPA di Kabupaten Klaten.