March 9, 2017

Produser dan Sutradara Film

103.203. 303.35. Produser dan Sutradara Film
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp


Diskripsi: 
Produser dan sutradara film, pementasan, mengawasi dan mengontrol aspek teknis dan artistik dari film, televisi atau produksi radio dan pertunjukan panggung. 

Tugasnya meliputi: 

  1. Memilih penulis, mempelajari script untuk menentukan interpretasi artistik, dan melatih aktor tentang metode berakting; 
  2. Mengarahkan semua aspek produksi drama di panggung, televisi, radio, atau dalam gambar bergerak, termasuk pilihan aktor, dan keputusan akhir mengenai kostum, set desain, efek suara atau pencahayaan; 
  3. Merencanakan, mengatur dan mengontrol berbagai tahap dan penjadwalan yang terlibat dalam produksi pertunjukan, film, acara televisi dan program radio; 
  4. Merlibat dan mengawasi semua tenaga teknis, dan menentukan perlakuan, ruang lingkup dan penjadwalan produksi; 
  5. Memelihara arsip produksi dan negosiasi royalti; 
  6. Menciptakan, merencanakan, menulis skrip untuk merekam.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Artistik. Orang model orientasi artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinai. Orientasi artistic lebih menitikberatkan pada  ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik.
Nilai Pekerjaan – mengawasi dan mengontrol pembuatan film atau drama, mempelajari scrip yang di jadikan untuk memilih aktor dan menginstruksikan interpretasi naskah kepada aktor.
Keterampilan – Sinematografi: menyusun, mengawasi dan menginstruksikan jalannya pembuatan film.
Kemampuan - kognitif: menghafal skenario, pemahaman berbagai karakteristik peran yang dibawakan pemain. Psikomotor: tidak membutuhkan keterampilan khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap situasi kerja dan kecacatan dalam redaksi film.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan mengoreksi skenario yang dibuat. Proses Mental: memimpin, mengarahkan dan merencanakan. Hasil Kerja: Menyajikan sebuah drama yang dapat dinikmati oleh penonton. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan aktor, penulis skenario dan pekerja lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam gedung/studio. Outdoors: lokasi shooting.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari tiga tahun dan kurang dari enam tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.
Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik ingin menjadi sutradara film, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah seni dengan konsentrasi sutradara.