March 3, 2017

Pilot dan Copilot

116.201. 307.73. Pilot dan Copilot

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 10-25 juta

Diskripsi
Pilot bertugas mengendalikan peralatan mekanis untuk mengarahkan pesawat mengangkut penumpang, surat dan barang dan melakukan tugas terkait pra-penerbangan dan dalam penerbangan. 

Tugas utama pilot adalah:

  1. Menerbangkan dan mengarahkan pesawat sesuai prosedur kontrol dan operasional; 
  2. Menyiapkan dan menyerahkan rencana penerbangan atau memeriksa rencana standar penerbangan; 
  3. Mengendalikan operasi peralatan mekanis, listrik dan elektronik dan memastikan bahwa semua peralatan dan kontrol bekerja dengan baik; 
  4. Menerapkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan praktek penerbangan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang timbul dalam perjalanan kerja; 
  5. Memeriksa catatan pemeliharaan dan melakukan inspeksi untuk memastikan pesawat dalam keadaan baik secara mekanis, pemeliharaan telah dilakukan dan semua peralatanbekerja; 
  6. Menandatangani sertifikat yang diperlukan dan memelihara catatan resmi penerbangan; 
  7. Memperoleh briefing dan izin sebelum penerbangan dan memelihara kontak dengan lalu kontrol lintas udara atau penerbangan selama penerbangan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 116. Tansportasi, Distribusi dan Logistik
Golongan Jabatan: 307. Operator dan Perakit Mesin
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan keterampilan tertentu. Pekerjaan dilakukan di luar, penuh tantangan dan tidak melibatkan banyak dokumen namun bekerja sama dengan orang lain.
Nilai Pekerjaan – Memimpin, mengarahkan, mengemudikan, dan bertanggung jawab atas semua penumpang pesawat.
Keterampilan – Mengemudi: Mengarahkan pesawat pada jalur penerbangan yang aman dan menjaga kestabilan pesawat.
Kemampuan - kognitif: Standar penerbangan, membaca kondisi iklim. Psikomotor: terampil, cekatan, reflek yang baik.  Fisik: memiliki daya tahan tubuh yang baik, fisik yang ideal, dan stamina yang prima.  Sensory: membaca situasi lapangan dan memahami kondisi pesawat.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima informasi dari pusat atau menara kontrol bandara, mengidentifikasi situasi dan melakukan tindakan. Proses Mental: Memimpini dan mengontrol. Hasil Kerja: Memimpin anggota penerbangan dan membawa penumpang sampai pada tujuan. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; Mengkoordinasikan Kerja dan Kegiatan Lainnya.
Kondisi Fisik Kerja– Outdoors: didalam pesawat.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari dua tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – kepemimpinan, pengetahuan kedirgantaraan, organisasi dan koordinasi.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi Pilot, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah Penerbangan.