March 11, 2017

Penyiar Radio dan Televisi

103.205. 303.35. Penyiar Radio dan Televisi

● Pendidikan: SMA dan Sekolah Penyiaran dan Broadcaster
● Pendapatan Perbulan: Rp 3-5 juta

Deskripsi : 
Penyiar di radio, televisi dan media lainnya membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan membuat pengumuman atau perkenalan lain di radio, televisi, dan di bioskop dan perusahaan atau media lain. 

Tugas meliputi: 

  1. Membaca buletin berita dan membuat pengumuman lainnya di radio atau televisi; 
  2. Memperkenalkan seniman yang tampil atau orang-orang yang diwawancarai, dan membuat pengumuman terkait di radio, televisi, atau di bioskop, klub malam dan tempat lainnya; 
  3. Mewawancara orang di depan umum, terutama di radio dan televisi; 
  4. Mempelajari informasi latar belakang dalam rangka untuk mempersiapkan program atau wawancara;
  5. Mengomentari musik dan hal-hal lain, seperti cuaca atau kondisi lalu lintas.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk mempengaruhi orang lain, mudah beradaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, dan agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – membaca buletin berita, melakukan wawancara, dan menjadi membawakan acara di radio, televisi, dan perusahaan atau media lain.
Keterampilan – Publik speaking: mampu membawakan acara televisi dan radio dengan baik.
Kemampuan - kognitif: memiliki wawasan luas, terutama dalam membawakan sebuah acara dan penyiaran. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: memiliki penampilan yang menarik.  Sensory: peka, teliti dan jeli.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat program/tema yang akan diangkat dalam sebuah acara penyiaran. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: menyampaikan pesan dan meneruskan dari tema penyiaran yang dibuat kepada pendengar atau penonton. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan kru penyiaran lain, penonton/pendengar dan bintang tamu/nara sumber.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang penyiaran. Studio penyiaran. Stasiun televisi dan Stasiun radio atau tempat penyiaran lain.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Untuk menjadi seorang penyiar radio, anda perlu belajar mengenai dunia penyiaran yang bisa ditemukan pada sekolah yang menyediakan kegiatan ekstrakulikuleh serupa. Selain itu anda dapat memilih jurusan penyiaran atau broadcasting ketika mengambil pendidikan di perguruan tinggi.