March 3, 2017

Penjaga Keamanan

112.201. 305.51. Penjaga Keamanan

● Pendidikan: SMA
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta



Diskripsi: 
Penjaga keamanan patroli atau monitor tempat untuk menjaga properti terhadap pencurian dan vandalisme. Penjaga mengontrol akses ke bangunan dan memelihara ketertiban dan menegakkan peraturan di acara-acara publik dan dalam bangunan.

Tugas meliputi:

  1. Patroli tempat dan memeriksa pintu, jendela dan pintu untuk mencegah dan mendeteksi tanda-tanda kemasukan yang tidak sah; 
  2. Pengendalian akses terhadap bangunan, memantau dan otorisasi pintu masuk atau kedatangan karyawan dan pengunjung, memeriksa identifikasi dan mengeluarkan keabsahan keamanan; 
  3. Beredar di kalangan pengunjung, pelanggan, atau karyawan untuk menjaga ketertiban, melindungi properti dari pencurian atau vandalisme dan menegakkan peraturan bangunan; 
  4. Menanggapi alarm, menyelidiki gangguan dan menghubungi atasan, polisi atau petugas pemadam kebakaran yang sesuai; 
  5. Melakukan pemeriksaan keamanan penumpang dan bagasi di bandara; 
  6. Mengambil dan memastikan keamanan pengiriman tunai dan barang berharga kepada bank, mesin teller otomatis dan perusahaan ritel.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 112. Hukum dan Keamanan Publik
Golongan Jabatan: 304. Tenaga Tata Usaha
Tipe Kepribadian-Realistis. Pekerjaan dilakukan di luar dan tidak melibatkan banyak dokumen namun bekerja sama dengan orang lain. Memerlukan tingkat keberanian yang tinggi karna berhubungan dengan pengamaban publik.
Nilai Pekerjaan – mengawasi, menjaga, mengontrol ketertiban umum..
Keterampilan – Kepemimpinan: Mengawasi keamanan, mengkoordinir dan mengatur ketertiban. Bertanggung jawab keamanan publik dan klien.
Kemampuan - kognitif: Memahami protokol dan regulasi pengamanan. Psikomotor: Mahir beladiri.  Fisik: kuat, memiliki keahlian beladiri, dan stamina yang prima.  Sensory: membaca situasi publik dan massa.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima informasi kepada atasan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: Kestabilan keamanan publikl. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; melayanan masyarakat.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: didalam gedung, berbenturan dengan tindakan kriminal. Outdoors: tempat keramaian, pertunjukan/konser, pengamanan pejabat/bodyguard. 
Persiapan Kerja - kurang dari satu tahun dan lebih dari satu tahun pekerjaan.
Pengetahuan – standar keamanan publik dan ilmu pengamanan publik.

Sekolah Lanjutan – Untuk menjadi penjaga keamanan tidak diperlukan pendidikan khusus. akan tetapi dibutuhkan keahlian khusus mengenai ilmu bela diri dan tata cara pengamanan.