March 11, 2017

Pengobatan Tradisional dan Komplementer

108.204. 303.32. Pengobatan Tradisional dan Komplementer

● Pendidikan: Pelatihan dan Kursus
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: Profesional pengobatan tradisional dan komplementer mencegah, mendiagnosa dan mengobati penyakit, sakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya, dan menjaga kesehatan secaran umum pada manusia dengan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan praktek yang diperoleh melalui studi ekstensif teori, keyakinan dan pengalaman, yang berasal dari budaya spesifik. Tugasnya meliputi: melakukan pemeriksaan fisik pasien dan mewawancarai mereka dan keluarga mereka untuk menentukan status kesehatan mereka, mengembangkan dan menerapkan rencana pengobatan untuk penyakit fisik, mental dan psikososial menggunakan aplikasi seperti akupunktur, ayurveda, homeopati dan obat-obatan herbal, mengevaluasi dan mendokumentasikan kemajuan pasien melalui rencana perawatan, memberikan nasihat kesehatan, gizi dan gaya hidup kepada individu, keluarga dan masyarakat; menyiapkan dan meresepkan obat-obatan tradisional, seperti herbal, tanaman, mineral dan ekstrak hewan, untuk merangsang kapasitas tubuh untuk penyembuhan; bertukar informasi tentang pasien dengan petugas kesehatan lain yang diperlukan untuk memastikan perawatan kesehatan berkelanjutan dan komprehensif; melakukan penelitian tentang obat-obatan tradisional dan komplementer dan menyebarluaskan temuan melalui karya ilmiah dan laporan.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – melakukan tugas dasar dalam pengobatan tradisional.
Keterampilan – Pengobatan: mengobati penyakit, cedera, dan gangguan fisik.
Kemampuan - kognitif: pengobatan tradisional dan pengobatan herbal. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan pengobatan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan hasil diagnosa awal. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: melakukan penyembuhan dan merencanakan pengobatan lanjutan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pasien dan pekerja lain selain medis.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: klinik pengobatan tradisional. Outdoors: pengobatan masal, bakti sosial pada even tertentu.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – SMK Kesehatan/Keperawatan dan seluruh SMA di Kabupaten Klaten.