March 3, 2017

Pelatih Olah Raga

108.201. 303.36. Pelatih Olah Raga

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-10 juta

Diskripsi
Pelatih, instruktur dan kru olahraga bekerja dengan olahragawan amatir dan profesional untuk meningkatkan kinerja, mendorong partisipasi yang lebih besar dalam olahraga, dan mengatur dan meresmikan kegiatan olahraga sesuai aturan yang ditetapkan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan ketahanan tertentu. Mereka sering berurusan dengan orang lain, melatih kebugaran pemain, atlet, dan juga sebagai terapis kesehatan pada bidang jasmani.. Pekerjaan dilakukan tidak melibatkan banyak dokumen akan tetapi memerlukan daftar statistik perkembangan kebugaran kliennya.
Nilai Pekerjaan – memimpin, pengawas, membentuk, dan mengontrol perkembangan kebugaran klien.
Keterampilan – Kepemimpinan: Mengawasi, merencanakan dan mengatur.
Kemampuan - kognitif: Pengetahuan bidang ilmu kebugaran. Psikomotor: Lincah, luwes.  Fisik: Kuat, enerjik.  Sensory: visi yang baik, sensitifitas pada bakat dan potensi klien.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima informasi perkembangan kebugaran klien. Proses Mental: Memimpin, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: memimpin, mengarahkan klien. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dan koordinasi dengan unit kerja lain yang berhubungan dengan bidang yang sama dan juga klien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: didalam gedung olah raga. Outdoors: lapangan/stadion.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – kepemimpinan dan perencanaan

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Pelatih olah raga, anda setidaknya harus menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan konsentrasi ilmu keolahragaan.