March 3, 2017

Operator Pabrik Kimia

113.201. 307.71. Operator Pabrik Kimia

● Pendidikan: SMK
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta



Diskripsi: 
Operator mesin pengolahan bahan kimia bertugas memantau dan mengoperasikan unit dan mesin untuk memadu, mencampur, memroses dan mengemas berbagai macam produk kimia.

Tugasnya meliputi:

  1. Menyiapkan, memulai, mengendalikan, menyesuaikan dan menghentikan mesin dan peralatannya; 
  2. Memantau proses reaksi dan memindahkan produk sesuai prosedur keamanan; 
  3. Memantau alat pengukur dan peralatan elektronik pada satu atau lebih unit kimia atau formulasi, seperti mesin mixer, ketel, blender, pengering, tabletting, enkapsulasi, granulasi dan pelapis; 
  4. Mengukur, menimbang dan memuat bahan-bahan kimia mengikuti formulasinya; 
  5. Mengambil sampel dan melakukan tes kimiawi dan fisik secara rutin terhadap produk dan melakukan pencatatan data hasil produksi; 
  6. Membersihkan dan melakukan perbaikan kecil untuk mesin dan peralatannya.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 113. Manufaktur
Golongan Jabatan: 307. Operator dan Perakit Mesin
Tipe Kepribadian-Realistis. Memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan pengetahuan tertentu. Mereka sering berurusan dengan bahan kimia dan produk-produk kimia.
Nilai Pekerjaan –pengawas, mengontrol mesin pabrik kimia.
Keterampilan – Perawatan peralatan, monitoring dan pengoperasian peralatan pabrik.
Kemampuan - kognitif: pengetahuan bahan kimia. Psikomotor: Kecakapan, efisian waktu, pencapaian target produksi.  Fisik: kuat, dayatahan tubuh baik.  Sensory: pemahaman mendalam tentang alat produksi.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Monitoring proses, bahan, dan pengemasan produk. Proses Mental: mengorganisasi, merencanakan, dan memeriksa hasil produksi. Hasil Kerja: Pengoperasian mesin produksi dan pengemasan produk. Interaksi dengan Orang Lain: Berkomunikasi dengan Pekerja Lainnya; Membangun dan Mempertahankan Hubungan Interpersonal; Mengkoordinasikan Kerja dan Kegiatan Lainnya.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: berbahaya, membutuhkan pengaman ektra ketat, mudah terkontaminasi cairan kimia.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – kurang dari satu tahun dan lebih dari dua tahun.
Pengetahuan – pengoperasian alat produksi pabrik.
Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang operator pabrik kimia?, anda dapat melanjutkan studi dengan konsentrasi pada keilmuan Teknik Mesin dan teknik Kimia.