March 11, 2017

Manajer Pemasaran

114.205. 301.12. Manajer Pemasaran

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta

Deskripsi : 
Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien. 

Tugasnya meliputi: 

  1. Merencanakan, mengatur dan mengkoordinir kegiatan pemasaran perusahaan atau organisasi; 
  2. Merencankan dan mengkoordinir seluruh program pemasaran berdasarakan laporan hasil penjualan atau pemasaran serta penilaian pasarnya; 
  3. Menentukan harga jual, produk yang akan diluncurkan, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan; 
  4. Menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan; 
  5. Menganalisis dan memberikan arah pengembangan design dan warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar; 
  6. Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh tim penjualan untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan; 
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban tugas dan mewakili perusahaan atau organisasi dalam negosiasi, dan pada konvensi, seminar, dengar pendapat publik dan forum.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 114. Penjualan, Layanan Retail dan Grosir
Golongan Jabatan: 301. Pejabat Tinggi dan Menejerial
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
Keterampilan – Menejemen: membuat perencanaan keuangan dan penjualan.
Kemampuan - kognitif: menejemen pemasaran dan publik speaking. Psikomotor: cekatan.  Fisik: berpenampilan menarik.  Sensory: memiliki visi yang baik dan memahami kebutuhan pasar.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan hasil penjualan dan rencana penjualan. Proses Mental: mengatur, memimpin dan merencanakan. Hasil Kerja: mengontrol dan mengkoordinir proses pemasaran. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pekerja lain dan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Menajdi kepala menejer pemasaran.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari dua tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Menejer pemasaran, anda dapat melanjutkan studi dengan memilih konsentrasi pada keilmuan pasar dan analisis pasar. Untuk itu pertama-tama anda dapat melanjutkan pendidikan di sekolah SMA kemudian melanjutkan pada perguruan tinggi dengan program studi ekonomi bisnis dan pemasaran.