March 11, 2017

Kebidanan

108.204. 303.32. Kebidanan

● Pendidikan: Diploma dan Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta

Diskripsi: 
Profesional kebidanan merencanakan, mengelola, menyediakan dan mengevaluasi pelayanan kebidanan perawatan sebelum, selama dan setelah kehamilan dan persalinan. Mereka menyediakan pemberian perawatan untuk mengurangi risiko kesehatan untuk perempuan dan anak baru lahir, bekerja mandiri atau dalam tim dengan penyedia layanan kesehatan lainnya. 

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – melakukan perawatan sebelum, selama dan setelah kehamilan dan persalinan.
Keterampilan – Persalinan: menyiapkan berbagai keperluan dan proses persalinan.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan, dan kebidanan. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan hasil diagnosa sebelum tindakan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: menpersiapkan proses persalinan dan perawatan setelah persalinan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: rumah sakit, klinik, puskesmas.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila anda berminat menjadi seorang Bidan, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPA ataupun pada sekolah Kejuruan dengan jurusan kesehatan.