March 7, 2017

Ilmuwan Lingkungan dan Spesialis

115.202. 302.21. Ilmuwan Lingkungan dan Spesialis
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta



Deskripsi : 
Ilmuwan lingkungan mengukur dan mencatat fitur lingkungan dan mempelajari, menilai dan mengembangkan metode pengendalian atau meminimalkan efek berbahaya dari aktivitas manusia terhadap lingkungan. merencanakan dan melakukan penelitian sifat fisik dan biologis lingkungan; melakukan pekerjaan laboratorium; memantau dampak lingkungan dari kegiatan pembangunan; melakukan penelitian dan mempersiapkan proposal untuk meminimalkan dampak dari proses industri, pertanian dan perkotaan terhadap lingkungan; mengembangkan rencana konservasi; menyelidiki dan melaporkan pelanggaran pedoman lingkungan; membantu dalam keadaan darurat lingkungan, seperti tumpahan bahan kimia dan kecelakaankimia; menganalisis polutan, mengidentifikasi sumber-sumber dan menilai dampaknya terhadap lingkungan; memonitor efek dari polusi dan degradasi lahan, dan merekomendasikan cara-cara pencegahan dan pengendalian; merehabilitasi lahan, air dan udara; bernegosiasi dengan, dan memberikan saran kepada, industri, pemerintah dan masyarakat terkait masalah lingkungan, seperti manajemen, penggunaan kembali atau pembuangan bahan berbahaya ; membantu pengembangan kebijakan, strategi dan kode etik lingkungan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, mempelajari kesehatan lingkungan, menyusun standar dan kebijakan kesehatan lingkungan.
Keterampilan – Kesehatan: melakukan penelitian dan menyusun kebijakan tentang kesehatan lingkungan. Mencegah pencemaran lingkungan.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan lingkungan. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: Memimpin, mengawasi, mereapkan kebijakan dan mengontrol. Hasil Kerja: kebijakan dan standarisasi kesehatan lingkungan. Interaksi dengan Orang Lain: sosialisasi kesehatan lingkungan pada kelompok masyarakat dan wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami kerusakan lingkungan.
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: dalam laboratorium. Outdoors: wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami kerusakan lingkungan. Berpotensi terjangkit bakteri dan penyakit.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi ilmuwan lingkungan, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah yang menyediakan program studi IPA khususnya ilmu lingkungan untuk pendidikan pada perguruan tinggi.