March 11, 2017

Guru Sekolah Menengah

105.204. 302.23. Guru Sekolah Menengah

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Pertahun: Rp 2-4 juta


Diskripsi: 
Guru pendidikan menengah mengajar satu atau lebih mata ajar di tingkat pendidikan menengah, tidak termasuk mata pelajaran untuk mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang pekerjaan tertentu. 

tugas utama seorang guru sekolah menengah adalah:

  1. Merancang dan mempersiapkan program pendidikan belajar sesuai dengan pedoman kurikulum.
  2. Menyusun dan menegakkan aturan ketertiban di antara siswa.
  3. Menyiapkan dan memberikan pelajaran, diskusi, dan demonstrasi satu atau lebih mata pelajaran.
  4. Mempersiapkan materi dan ruang kelas untuk kegiatan kelas.
  5. Mengamati dan mengevaluasi kinerja dan perilaku siswa.
  6. Mempersiapkan, mengelola dan menilai tes, tugas dan ujian untuk mengevaluasi kemajuan siswa.
  7. Menyiapkan laporan pekerjaan siswa dan berunding dengan guru lain dan orang tua.
  8. Berpartisipasi dalam pertemuan mengenai kebijakan pendidikan sekolah atau organisasi.
  9. Merencanakan, mengatur, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti kunjungan, dan acara olahraga.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mengajar dan memberikan pelatihan pada tingkat pendidikan menengah.
Keterampilan – Mengajar: memberikan pelatihan di lembaga pendidikan menengah.
Kemampuan - kognitif: ilmu pendidikan, dan bidang studi yang diperlukan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pemecahan masalah studi dan kurikulum.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: merancang dan memodifikasi kurikulum, membuat makalah dan buku. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pengajaran dan pelayanan akademik kepada peserta didik, berpartisipasi dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pengajar lain, siswa dan unsur pendukung akademik lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang kelas dan ruang kerja.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi guru, anda diharuskan melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi dengan mengambil program studi keguruan.