March 11, 2017

Guru PAUD

105.204. 302.23. Guru PAUD

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta

Diskripsi: 
Guru anak usia dini bertugas mempromosikan pengembangan sosial, fisik, dan intelektual anak-anak di bawah usia sekolah dasar melalui penyediaan pendidikan dan kegiatan bermain. 

Tugas khusus  seorang guru anak usia dini adalah:

  1. Merencanakan dan mengatur kegiatan individual dan kelompok untuk memfasilitasi pengembangan  anak.
  2. Memimpin anak-anak dalam berbagai kegiatan  bermain.
  3. Mengamati kemajuan dan mendeteksi tanda-tanda masalah yang dihadapi anak usia dini.
  4. Mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat kemajuan siswa.
  5. Mengawasi kegiatan anak-anak disekolah.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 105. Pendidikan dan Pelatihan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – memberikan kuliah dan tutorial pada satu atau lebih pelajar dalam pelatihan dan studi yang telah ditentukan universitas atau instansi pendidikan tinggi lain.
Keterampilan – Mengajar: memberikan mengembangkan sosial, kognitif anak usia dini.
Kemampuan - kognitif: ilmu perkembangan anak usia dini. Psikomotor: cekatan dan responsif.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: pengamatan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan perkmebangan anak. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengawasi. Hasil Kerja: memberikan pendidikan karakter, sosial kognitif pada anak usia dini. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dan menjaga hubungan yang baik dengan pengajar lain dan orang tua siswa.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: sekolah dan ruang kelas.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang guru Tk atau guru PAUD, anda dapat melanjutkan studi sampai jenjang pendidikan perguruan tinggi dengan mengambil konsentrasi pada pendidikan anak usia dini.