March 9, 2017

Dokter Umum

108.204. 302.22. Dokter Umum

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 10-20 juta



















Diskripsi: 
Dokter umum adalah dokter yang bertugas pada sebuah rumah sakit atau sebuah klinik pribadi. Dokter umum tidak membatasi praktik mereka untuk kategori penyakit tertentu atau metode pengobatan tertentu.

Secara lebih rinci, berikut adalah tugas seorang dokter umum:

  1. Melakukan pemeriksaan fisik pasien dan mewawancarai mereka dan keluarga mereka untuk menentukan status kesehatan mereka 
  2. Memerintahkan tes laboratorium, sinar-X dan prosedur diagnostik lainnya dan menganalisis temuan untuk menentukan sifat gangguan atau penyakit yang diderita pasien. 
  3. Menyediakan perawatan medis lanjutan untuk pasien termasuk meresepkan, melakukan, konseling dan pemantauan perawatan dan tindakan pencegahan.
  4. Menasihati individu, keluarga dan masyarakat tentang kesehatan, gizi dan gaya hidup yang mencegah atau mengobati penyakit yang diderita pasien.
  5. Memberikan arahan kepada pasien dan keluarga untuk perawatan khusus di rumah sakit, pusat-pusat rehabilitasi atau jenis pusat perawatan kesehatan lainnya. 
  6. Mengidentifikasi, mengelola dan menyediakan rujukan bagi pasien.
  7. Melakukan penelitian di bidang kesehatan manusia dan pelayanan medis dan menyebarluaskan temuan-temuan melalui laporan ilmiah
  8. Merencanakan dan berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah terjadinya dan penyebaran penyakit umum.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, pada manusia, melalui tes, diagnostik dan prosedur kedokteran modern.
Keterampilan – Ilmu Kesehatan: melakukan prosedur penyembuhan melalui prinsip kedokteran modern.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan pelayanan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengontrol. Hasil Kerja: membantu dan menyembuhkan penyakit pasien. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional lain, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam rumah sakit, klinik, puskesmas. Outdoors: pengobatan masal, bakti sosial pada even tertentu.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Umum, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPA dan nantinya dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada perguruan tinggi kedokteran.