March 9, 2017

Dokter Spesialis

108.204. 302.22. Dokter Spesialis

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 10-20 juta

Diskripsi: 
Dokter spesialis adalah dokter khusus yang menangani penyakit atau keluhan tertentu pasien. Mereka mengkhususkan diri dalam kategori penyakit tertentu, jenis pasien atau metode pengobatan dan harus melakukan pendidikan kedokteran di bidang spesialisasi mereka. 

Dokter spesialis memiliki tugas meliputi:

  1. Melakukan pemeriksaan fisik pasien untuk menentukan status kesehatan mereka.
  2. Memerintahkan tes diagnostik khusus untuk menentukan sifat gangguan atau penyakit.
  3. Meresepkan dan memantau pasien terkait pengobatan, pemberian obat-obatan, anestesi, psikoterapi, program rehabilitasi fisik dan langkah-langkah pencegahan dan pengobatan lain. 
  4. Melakukan operasi yang bersifat umum atau khusus; 
  5. Merekam informasi kesehatan pasien dan bertukar informasi dengan profesional kesehatan lain untuk memastikan penyediaan perawatan yang komprehensif.
  6. Memberikan informasi kepada pasien dan keluarga dan masyarakat tentang langkah-langkah pencegahan, pengobatan dan perawatan untuk penyakit tertentu. 
  7. Melakukan penelitian terhadap gangguan dan penyakit manusia yang spesifik. 
  8. Merencanakan dan berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit tertentu.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosa, mengobati dan mencegah penyakit, cedera, dan gangguan fisik dan mental lainnya pada manusia melalui tes, diagnostik, teknik medis, bedah, fisik dan kejiwaan khusus.
Keterampilan – Ilmu Kesehatan, terapi, dan bedah: melakukan prosedur penyembuhan melalui berbagai metode, sesuai keahlian.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan, dan pengobatan. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan penanganan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa dan penangan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengontrol. Hasil Kerja: membantu dan menyembuhkan penyakit melalui metode dan keahliannya. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan dokter profesional lain, pekerja medis lain dan pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: rumah sakit, klinik, dan ruang operasi.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Spesialis, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah dengan jurusan IPA yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk melanjutkan studi pada perguruan tinggi kedokteran.