March 9, 2017

Dokter Hewan

108.204. 302.22. Dokter Hewan

● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 7-10 juta

Diskripsi: 
Dokter hewan mendiagnosis, mencegah dan mengobati penyakit, cedera dan disfungsi pada hewan. Mereka memberikan perawatan kepada berbagai binatang atau mengkhususkan diri dalam pengobatan kelompok hewan tertentu atau di bidang khusus tertentu, atau memberikan jasa profesional untuk perusahaan-perusahaan komersial yang memproduksi produk biologi dan farmasi. Tugasnya meliputi: menentukan keberadaan dan sifat kondisi abnormal dengan pemeriksaan fisik, tes laboratorium dan melalui teknik pencitraan diagnostik termasuk radiografi dan ultrasound; mengobati hewan secara medis dan operasi, dan memberikan dan meresepkan obat, analgesik, dan anestesi umum dan lokal; melakukan operasi, merawat luka dan patah tulang; memberikan jasa kebidanan pada hewan; berpartisipasi dalam program yang dirancang untuk mencegah dan penyebaran penyakit hewan; inokulasi hewan, dan pengujian penyakit menular dan memberitahu pihak berwenang tentang wabah penyakit hewan menular; melakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian; memberi saran kepada klien tentang kesehatan, gizi dan makan, kebersihan, pemuliaan, dan perawatan hewan.

Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Sosial. Tipe model ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Memiliki ciri pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, lebih berorientasi pada perasaan.
Nilai Pekerjaan – mendiagnosis, mencegah dan mengobati penyakit, disfungsi pada hewan.
Keterampilan – Ilmu Kesehata hewan: segala seseuatu yang berhubungan dengan kesehatan hewan.
Kemampuan - kognitif: ilmu kesehatan, perawatan hewan. Psikomotor: cekatan dan sigap.  Fisik: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Sensory: diagnosis dan penanganan yang baik.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan laporan hasil diagnosa dan penanganan. Proses Mental: melayani, merencanakan dan mengatur. Hasil Kerja: membantu mengobati disfungsi hewan. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan pemilik hewan dan pekerja kesehatan hewan lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: klinik hewan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Dokter Hewan, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah SMA dengan jurusan IPA yang nantinya dapat melanjutkan lagi pada perguruan tinggi yang menyediakan program studi kedokteran hewan.