March 11, 2017

Apoteker

108.206. 303.32. Apoteker

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Pertahun: Rp 3-5 juta



Diskripsi: 
Apoteker adalah praktisi pada instansi kesehatan publik yang bertugas untuk membuat dan memberikan obat-obatan kepada pasien/pembeli sesuai dengan resep dokter. 


Tugas utama Apoteker meliputi: 

  1. Membuat dan mengawasi pembuatan obat-obatan menurut resep dokter atau suatu formula tertentu, memberikan obat-obatan dan preparat sesuai dengan resep; 
  2. melakukan pengawasan racun dan toksin untuk keperluan medis, rumah tangga atau lain-lainnya dan mengedarakan menurut peraturan yang berlaku; 
  3. melakukan pengujian untuk menentukan identitas, kemurnian dan daya tahan obat-obatan; 
  4. merawat bahan farmasi untuk mencegah kerusakan; 
  5. membuat catatan mengenai obat-obatan yang dibuat berdasarakan resep dan persenyawaan khusus yang mengandung racun yang telah diedarkan atau dijual; 
  6. mempersipakan, menyediakan dan menganjurkan penggunaan bahan-bahan untuk obat-obatan kesehatan hewan, preparat kimia untuk pertanian dan produk kosmetik.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Membuat dan memberikan obat-obatan sesuai dengan resep dokter.
Keterampilan – Pengawasan: melakukan pengawasan terhadap pengambilan obat sesuai resep dokter.
Kemampuan - Kognitif: ilmu farmasi dan obat-obatan. Psikomotor: tidak membutuhkan kriteria khusus.  Fisik: tidak memerlukan kriteria khusus.  Sensory: tidak memerlukan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan menyampaikan resep obat kepada pasien. Proses Mental: memantau dan mengawasi. Hasil Kerja: menyusun jenis obat-obatan dalam apotik berdasarkan level kegunaan, menyampaikan jenis obat-obatan tertentu berdasarkan resep dokter kepada pasien. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan dokter dan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: Rumah sakit, apotek.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – kurang dari satu tahun dan lebih dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Apoteker, anda dapat melanjutkan studi sekolah dengan jurusan IPA dengan konsentrasi pada keilmuan Kimia.