March 11, 2017

Analis Riset Pasar

106.206. 303.34. Analis Riset Pasar

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 4-6 juta


Diskripsi: Analis penelitian pasar bertugas untuk mengumpulkan informasi pasar yang berkaitan dengan peluang dan masalah pemasaran. 

Tugasnya analis pasar meliputi: 
  1. Merancang metode untuk pengumpulan informasi pasar.
  2. Mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data pasar.
  3. Menafsirkan dan meramalkan tren konsumen saat ini dan masa depan.
  4. Memberi masukan bagi pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah pemasaran.
  5. Mengawasi dan melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang pasar.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 106. Keuangan dan Asuransi
Golongan Jabatan: 303. Tenaga Teknisi dan Asisten Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Enterpresing. Memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, menganggap dirinya paling kuat, jantan, mudah untuk mengadakan adaptasi dengan orang lain, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.
Nilai Pekerjaan – mengumpulkan informasi pasar yang digunakan untuk menyempurnakan aktivitas pemasaran yang lebih efektif.
Keterampilan – Analisis: melakukan evaluasi yang berkaitan dengan masalah pemasaran.
Kemampuan - kognitif: ekonomi pemasaran. Psikomotor: tidak memerlukan kriteria khusus.  Fisik: tidak memerlukan kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap masalah pasar.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan membuat laporan permasalahan ekonomi pasar. Proses Mental: merencanakan, mengawasi dan Mengidentifikasi. Hasil Kerja: mengawasi dan merencanakan tindakan yang berkaitan dengan masalah pemasaran. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: perusahaan pada unit kerja keuangan.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari dua tahun dan kurang dari lima tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila anda berminat menjadi seorang Analis pasar, anda dapat melanjutkan studi ke sekolah yang menyediakan program studi ekonomi, seperti SMEA atau SMA yang membuka program studi IPS.