March 7, 2017

Aktor

103.203. 302.26. Aktor
● Pendidikan: SMA/Sarjana
● Pendapatan Perbulan: >5 juta

Diskripsi: Aktor adalah seseorang yang bekerja pada bidang entertaiment ataupun industri hiburan dan bertugas memerankan peran dalam produksi film, televisi atau radio dan pertunjukan panggung. 


  1. Mempelajari alur dan peran dalam produksi drama diatas panggung, iklan, televisi, radio atau sebagainya.
  2. Memerankan karakter yang dibuat oleh sutradara atau penulis dan mengkomunikasikannya ke penonton.
  3. Bercerita atau membaca sastra dengan lantang untuk mendidik atau menghibur pendengar.
  4. Mempersiapkan pertunjukan melalui latihan di bawah instruksi dan bimbingan sutradara produksi.
  5. Membaca skrip dan melakukan penelitian untuk memahami bagian-bagian, tema dan karakteristik tokoh dalam adegan suatu drama.
  6. Memerankan bagian dan menggambarkan peran seperti yang dikembangkan saat latihan dalam produksi film, televisi, radio dan panggung.


Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 103. Seni dan Komunikasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Artistik. Orang model orientasi artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinai. Orientasi artistic lebih menitikberatkan pada  ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik.
Nilai Pekerjaan – memainkan peran, mempelajari alur naskah, bercerita melakukan penelitian untuk memahami bagian dari tema dan karakteristik yang akan dibawakan dalam drama, iklan, film, televisi, radio dll.
Keterampilan – Akting: Memainkan peran atau karakter tertentu dalm sebuah drama.
Kemampuan - kognitif: menghafal skenario, pemahaman berbagai karakteristik peran yang dibawakan. Psikomotor: keluwesan dalam memerankan peran.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: penghayatan karakter.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Naskah dan skenario. Proses Mental: Merencanakan, mempelajari dan kerjasama. Hasil Kerja: Menyajikan sebuah drama yang dapat dinikmati oleh penonton. Interaksi dengan Orang Lain: bekerjasama dengan sutradara, penulis skenario dan pekerja lain.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam gedung/studio pertunjukan. Outdoors: memainkan peran dalam pembuatan film.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang Aktor, anda dapat mengikuti pelatihan ataupun melanjutkan studi pada sekolah seni dengan jurusan konsentrasi pada keilmuan seni peran dan drama.