March 7, 2017

Ahli Fisika

115.202. 302.21. Ahli Fisika
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: Rp 5-7 juta



Deskripsi: Ahli fisika merupakan seseorang yang melakukan penelitian dan mengembangkan konsep, teori, instrumentasi, berkaitan dengan ilmu fisika.

tugas ahli fisika secara umum meliputi:

  1. Melakukan eksperimen, tes dan analisis untuk meneliti struktur dan sifat bahan, perubahan dan penyebaran energi, hubungan antara benda dan energi, panas, sinar, suara, listrik dan magnit, elektronika dan fisika atom.
  2. Mengadakan eksperimen guna menemukan dan mengembangkan teori fisika di bidang industri, militer, kedokteran dan lainnya.
  3. Menyusun teori baru berikut penjelasannya. dan,
  4. Menyiapkan makalah ilmiah.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 115. Penelitian Ilmiah, Teknik dan Matematika
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – melakukan penelitian, mengembangkan dan meningkatkan konsep teori, dan metode operasional yang berhubungan dengan bidang keilmuan fisika.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian bidang struktur dan sifat benda, energi, atom, dan mengadakan eksperimen untuk menemukan produk yang berguna pada bidang industri, militer, kedokteran, dan lainnya.
Kemampuan - kognitif: ilmu fisika. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak memiliki kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil analisis penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: merencanakan dan mengembangkan. Hasil Kerja: penerapan ilmu pada bidang industri, militer, dan kedokteran. Interaksi dengan Orang Lain: tidak banyak aktifitas dengan orang lain..
Fisik Kerja Kondisi – Indoors: didalam laboratorium, berpotensi terkena radiasi berbahaya.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang fisika, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMA dengan jurusan IPA yang berkonsentrasi pada keilmuan Fisika.