March 7, 2017

Ahli diet dan gizi

108.202. 302.21. Ahli diet dan gizi
● Pendidikan: Sarjana
● Pendapatan Perbulan: 5-7 juta


Diskripsi: 
Ahli diet dan gizi adalah praktisi dunia kesehatan yang bertugas untuk menilai, merencanakan dan menerapkan program untuk meningkatkan pengaruh makanan dan gizi pada kesehatan manusia. 


Tugas utama ahli diet dan gizi adalah:

  1. Menginstruksi individual, keluarga dan masyarakat tentang gizi, perencanaan diet dan penyajian makanan untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dan mengurangi potensi risiko kesehatan.
  2. Merencanakan diet, mengawasi penyiapan dan penyajian makanan, dan memantau asupan makanan.
  3. Mengumpulkan dan menilai data terkait kesehatan dan status gizi individu, kelompok dan masyarakat berdasarkan nilai gizi dari makanan yang disajikan atau dikonsumsi.
  4. Merencanakan dan melakukan penilaian gizi, program intervensi, dan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan tingkat gizi individu dan komunitas.
  5. Mengkonsultasikan dengan profesional kesehatan lainnya dan penyedia layanan untuk mengelola kebutuhan makanan dan gizi dari pasien.
  6. Mengembangkan dan mengevaluasi produk makanan dan gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  7. Melakukan penelitian tentang gizi dan menyebarluaskan temuan pada konferensi ilmiah dan lainnya.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 108. Ilmu Kesehatan
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian-Investigatif. Orang model orientasi intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik.
Nilai Pekerjaan – merencanakan, menerapkan program diet pada kesehatan manusia.
Keterampilan – Sains: melakukan penelitian dan menyususn standarisasi gizi dan pola makan yang baik bagi manusia.
Kemampuan - kognitif: ilmu gizi. Psikomotor: tidak memiliki kriteria khusus.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: peka terhadap masalah dan pemecahannya.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: Mengirim dan menerima data hasil pengamatan dan penelitian, mengidentifikasi objects dan tindakan. Proses Mental: menyusun program, mengawasi dan mengontrol. Hasil Kerja: standar gizi untuk program diet bagi kesehatan manusia. Interaksi dengan orang lain: memberikan layanan program diet kepada pasien.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: didalam laboratorium atau ruang kerja.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja - lebih dari satu tahun dan kurang dari empat tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Seluruh SMA jurusan IPA di Kabupaten Klaten.