March 11, 2017

Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

111.206. 302.25. Administrator Jaringan dan Sistem Komputer

● Pendidikan: Sarjana dan Magister
● Pendapatan Perbulan: Rp 2-4 juta



Diskripsi: 
Pekerja Administrator Jaringan dan Sistem Komputer adalah bertugas mengembangkan, mengontrol, memelihara dan mendukung kinerja dan keamanan optimal dari sistem teknologi informasi. 

Tugas utama administrator jaringan dan sistem komputer secara rinci yaitu:

  1. Memelihara dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait, termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi dan semua konfigurasi.
  2. Merekomendasikan perubahan untuk meningkatkan sistem dan konfigurasi jaringan, dan menentukan persyaratan perangkat keras atau perangkat lunak terkait dengan perubahan tersebut. 
  3. Mendiagnosa masalah perangkat keras dan perangkat lunak.
  4. Melakukan backup data dan kegiatan pemulihan bencana. 
  5. Menjalankan konsol utama untuk memonitor kinerja sistem dan jaringan komputer, dan untuk mengkoordinasikan akses dan penggunaan jaringan komputer.
Lokasi Kerja-Ketertarikan Lokasi: 111. Teknologi Informasi
Golongan Jabatan: 302. Tenaga Profesional
Tipe Kepribadian- Konvensional. Memiliki kecenderungan terhadap kegiatan verbal, menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, lingkungan nyatanya ditandai  dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, sistematis, dengan waktu yang relative singkat.
Nilai Pekerjaan – Mengembangkan, mengontrol, memelihara dan mendukung kinerja dan keamanan sistem teknologi informasi.
Keterampilan – Sistem Informatika: membuat dan mengontrol jaringan dan sistem informatika.
Kemampuan - Kognitif: Sistem jaringan komputer. Psikomotor: jari yang gesit.  Fisik: tidak memiliki kriteria khusus.  Sensory: tidak membutuhkan kriteria khusus.
Kegiatan Kerja Umum- Input Informasi: menerima dan melaporkan gangguan jaringan dan sistem pada komputer. Proses Mental: mengontrol, mengatur dan merencanakan. Hasil Kerja: mengawasi, memeriksa gangguan serta merencanakan keamanan jaringan dan sistem komputer. Interaksi dengan Orang Lain: bekerja sama dengan unit kerja terkait.
Kondisi Fisik Kerja – Indoors: dalam ruang kerja. Berhubungan dengan keamanan jaringan komputer.
Pengalaman - Membutuhkan pengalaman kerja yang berkaitan dengan keterampilan, pengetahuan, atau pengalaman bidang yang sama. 
Persiapan Kerja – lebih dari satu tahun dan kurang dari tiga tahun pekerjaan.
Pengetahuan – bidang keilmuan yang sama.

Sekolah Lanjutan – Apabila tertarik untuk menjadi seorang administrator jaringan, anda dapat melanjutkan studi pada sekolah SMK dengan jurusan ilmu komputer.